Press ESC to close

Angelina Magal Bersama Tim Papua Bisa Manokwari Sukses Harumkan Papua di WICE 2024

MANOKWARI, KALAWAI NEWS.COM,- Angelina Magal salah satu siswi SMA Katolik Villanova Manokwari bersama 9 siswa lainnya yang tergabung dalam Tim Papua Bisa Manokwari sukses mengharumkan tanah Papua lewat torehan Gold Medal dalam kompetisi World Invention Competition & Exhibition yang disingkat WICE 2024.

Kompetisi WICE 2024 yang diikuti oleh Tim Papua Bisa Manokwari terdiri dari 4 orang siswa SMA N 1 Manokwari, 2 siswa SMA N 2 Manokwari, 2 siswa wakil SMA Taruna Kasuari, dan 2 siswa SMAK Villanova Manokwari.

Tim Papua Bisa Manokwari dibimbing langsung oleh Yayasan Terang Papua. Kompetisi WICE dilaksanakan sejak 21 September hingga 26 September 2024 bertempat di MAHSA University Malaysia.

Angelina Magal merupakan salah satu siswa asal SMP Taruna Papua Timika yang kini menempuh pendidikan di SMA Katolik Villanova Manokwari berkat kerjasama antara YPMAK dibawah naungan PT Freeport Indonesia bersama SMAK Villanova Manokwari.

Program kerjasama ini dinilai terbukti berhasil karena mampu mengorbitkan siswa/siswi asli Amungme dan Kamoro yang diutus ke SMAK Villanova melalui program kerjasama yang diikat sejak 2023 lalu dengan siswa sebanyak 45 orang salah satunya Angelina Magal.

“Saya bangga karena menjadi salah satu siswa yang terpilih oleh Terang Papua bersama dengan Kaka Edgar Bagus Patisellano mewakili SMAS Katolik Villanova. Medali emas ini adalah hasil perjuangan bersama tim. Saya semakin bersemangat belajar dan berjuang untuk menggapai cita – cita saya sebagai dokter,” ucap Angelina Magal.

Angelina lantas memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas dukungan dan kontribusi berbagai pihak yang telah turut membantunya, di antaranya, kepada PT Freeport Indonesia, YPMAK, Yayasan Terang Papua dan SMAK Villanova Manokwari, SMP Asrama Taruna Papua (SATP) Timika.

“Terima kasih Pater, Terang Papua, PT Freeport Indonesia, YPMAK dan SATP Timika,” tutur Angelina.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAK Villanova Manokwari juga mengapresiasi perjuangan Angelina Magal bersama tim Papua Bisa Manokwari yang telah berhasil mengharumkan tanah Papua di ajang kompetisi WICE 2024.

“Kami bangga karena anak kami Angelina Magal merupakan salah satu utusan terbaik dari SMA Katolik Villanova dalam kompetisi WICE 2024 dan juga meraih prestasi yang mengharumkan tanah Papua,” kata Kepala Sekolah SMA Katolik Villanova Manokwari, Pastor Stevanus Alo OSA kepada KALAWAI, Jumat (27/9/2024).

Pastor Stevanus Alo OSA menambahkan pihaknya terus berinovasi dalam berbagai aspek agar metode dan sistem pendidikan, pembelajaran, pembinaan dan pengajaran dapat mengantarkan siswa/siswi SMA Katolik Villanova menuju masa depan yang dicita – citakan.

“Kesuksesan Angelina Magal menjadi bukti keberhasilan kerjasama antara YPMAK yang bernaung di bawah PT Freeport Indonesia dengan SMA Katolik Villanova Manokwari. Harapan kami semoga ini menginspirasi teman – teman Angelina Magal agar terus belajar dan berprestasi demi meraih masa depan yang cerah,” pungkas Imam Augustinian Papua.

Pastor Stevanus juga memberikan atensi yang besar atas kebijakan Vice President Of Community Development at PT Freeport Indonesia, Claus Wamafma dan Ketua YPMAK, Vebian Magal serta Devisi Bidang Pendidikan, Monev dan Keuangan YPMAK dalam mendukung pengembangan SDM putra/putri asli Papua.

Menurutnya, prestasi yang diraih oleh putra/putri Amumgme dan Kamoro merupakan bukti kerjasama dan komitmen semua pihak yang memiliki satu visi agar SDM di tanah Papua terus menjadi lebih baik di masa depan.

[Yohanis Ajoi/KN 01]

@Katen on Instagram
This error message is only visible to WordPress admins

Error: No feed with the ID 1 found.

Please go to the Instagram Feed settings page to create a feed.